Rajin Periksa Ban, Perjalanan Aman

71 Views

Rajin Periksa Ban, Perjalanan Aman

Keselamatan dalam berkendara merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang yang memanfaatkan kendaraan sebagai alat transportasi mereka sehari-hari. Keselamatan berkendara tidak akan terjadi begitu saja tanpa pengendara melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keamanan kendaraan sendiri dan juga cara berkendara yang aman.

Perlu diingat bahwa pemeriksaan rutin kendaraan perlu dilakukan agar perjalanan bisa lebih aman dan lancar tanpa kendala. Pemeriksaan rutin tidak hanya perlu dilakukan pada mesin kendaraan melainkan juga pada ban mobil yang acapkali dilupakan oleh banyak orang.
Mengingat ban akan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan menjadi tumpuan bagi kendaraan serta penumpang yang ada di dalamnya, performa ban akan sangat berpengaruh terhadap keselamatan penumpang dan jalannya kendaraan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan ban.

  • Performa ban akan sangat dipengaruhi oleh pemilihan ban sejak pertama kali pemasangan ban itu sendiri. Akan jauh lebih baik jika Anda memilih ban yang berkualitas meskipun berharga agak mahal karena hal ini justru akan meminimalisir uang yang akan digunakan untuk resiko yang diakibatkan oleh ban yang kurang berkualitas meskipun harganya lebih murah.
  • Selain itu, pengendara juga perlu lebih memahami kondisi ban yang mendukung performa mobil mereka. Permukaan ban merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jika permukaan ban sudah tidak rata saat diraba, sebaiknya ban perlu diganti.
  • Tekanan angin dalam ban perlu diberikan perhatian yang lebih karena jika terjadi perubahan pada panan ban yang menyebabkan tekanan ban yang kurang sesuai dengan settingan pabrik, ban akan lebih cepat mengalami keausan sehingga kestabilan kendaraan akan terganggu.
  • Tekanan angin tidak boleh diabaikan karena tekanan angin yang sesuai akan menghindakan ban mobil dari pecah ban atau kebocoran ban. Tekanan angin yang sesuai pada ban akan  membantu pengendara mengendalikan mobil dengan lebih baik sehingga perjalanan akan lebih aman.
  • Perubahan yang terjadi pada wheel alignment perlu juga diperhatikan agar permukaan ban rata saat mobil berjalan di permukaan jalan. Hal ini perlu diperhatikan agar ban bisa digunakan lebih lama. Selain itu, penggunaan bahan bakar juga bisa dilakukan dengan ban yang permukaannya terjaga rata.
  • Untuk memastikan bahwa tekanan ban bisa diperiksa dan dikontrol dengan baik, Anda perlu membeli alat yang digunakan untuk mengetahui tekanan ban secara akurat sehingga kemungkinan tekanan ban meleset akan bisa dihindari.
  • Anda jangan sampai lupa untuk memperhatikan tread wear indicator atau TWI yang merupakan indikatir keausan ban biasanya berupa tanda berbentuk segitiga yang menunjukkan batas kemampuan ban masih layak digunakan atau tidak. Jika kerusakan terjadi di samping dinding ban, tidak ada cara selain mengganti ban dengan yang baru. Ban tubeless tidak bisa menggunakan ban dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.